About

Sejarah Teknik Mesin dan Biosistem

Teknik Pertanian merupakan pendekatan teknik (engineering) secara luas dalam bidang pertanian yang sangat dibutuhkan untuk melakukan transformasi sumberdaya alam secara efisien dan efektif untuk pemanfaatannya oleh manusia. Dengan demikian dalam sistematika keilmuan, bidang ilmu teknik pertanian tetap bertumpu pada bidang ilmu teknik (engineering) untuk memecahkan berbagai permasalahan di bidang pertanian.

Dalam sejarahnya, sejak tahun 1960 Mekanisasi Pertanian merupakan salah satu bagian dari Departemen Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia. Pada saat Institut Pertanian Bogor (Bogor Agricultural University) Berdiri tahuan 1963, pemerintah juga menyadari pentingnya pendidikan tinggi di bidang teknologi dan mekanisasi pertanian. Pada tahun yang sama Depatemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) meminta IPB untuk menghimpun semua fasilitas yang ada di IPB agar dapat mendirikan suatu fakultas di bidang tersebut. Akhirnya pada tanggal 3 Oktober 1964 didirikan Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang disingkat FATEMETA dengan dua jurusan studi, yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Jurusan Mekanisasi Pertanian. Jurusan Mekanisasi Pertanian terdiri dari dua departemen, yaitu 1) Departemen Mesin-Mesin Pertanian dan 2) Departemen Konstruksi. Pada Tahun 1968 depatemen-departemen di FATEMETA dikelompok menjadi 2 departemen sesuai dengan Jurusan Studi yang ada, yaitu Depatemen Teknologi Hasil Pertanian dan Depatemen Mekanisasi Pertanian. Bagian-bagian yang ada di Departemen Mekanisasi Pertanian diubah menjadi tiga bagian, yaitu 1) Bagian Mesin-mesin Budidaya Pertanian, 2) Bagian Teknik Tanah dan Air, dan 3) Bagian Elektrifikasi, Bangunan, Mesin-Mesin Pengolahan Pertanian.

Sejak tahun 1981 Departemen Mekanisasi Pertanian berubah nama menjadi jurusan Keteknikan Pertanian, dan pada tahun 2000 berubah menjadi Jurusan Teknik Pertanian. Unutk mengembangkan keilmuan itu, ada tujuh bagian di Departemen TEP yaitu 1) Bagian Teknik Mesin Budidaya Pertanian , 2) Bagian Teknik Tanah dan Air, 3)Bagian Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian,  4) Bagian Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, 5) Bagian Energi dan Elektrifikasi Pertanian, 6) Bagian Lingkungan dan Bagian Pertanian, 7) Bagian Ergonomika dan Elektronika Pertanian.

Sejalan dengan sistem department-based yang dijalankan oleh IPB maka sejak tahun 2003 Jurusan Teknik Pertanian berubah menjadi Departemen Teknik Pertanian. Mandat dari Departemen TEP adalah “Mengembangkan ilmu keteknikan dan penerapannya dalam bidang pertanian”.

Tahun 2010 Departemen Teknik Pertanian sudah berganti nama menjadi Teknik Mesin dan Biosistem. Perubahan nama ini berupaya meningkatkan SDM dengan kurikulum yang lebih unik. Teknik Mesin dan Biosistem menawarkan disiplin ilmu dan rangkaian pengalaman yang akan menyiapkan lulusannya memiliki multi disiplin ilmu dan keterampilan yang bisa bekerja dibanyak bidang.

Deskripsi Singkat

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian IPB didirikan pada tanggal 30 Maret 1977 bertempat di Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian, yang saat ini telah berubah nama menjadi Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Himateta merupakan sebuah organisasi mahasiswa keprofesian yang bergerak dalam bidang keilmuan Keteknikan Pertanian, yang meliputi: Rancang bangun alat dan mesin pertanian, teknik pengolahan pangan dan hasil pertanian, lingkungan dan bangunan pertanian, konversi energi terbarukan, elektrifikasi pertanian, elektronika dan ergonomika pertanian serta sistem teknologi dan informasi pertanian. Himateta mempunyai tujuan untuk meningkatkan keprofesian dan profesionalisme mahasiswa Teknik Pertanian serta menghimpun dan meningkatkan sinergisitas antar mahasiswa teknik pertanian indonesia.

Visi

Menjadikan HIMATETA menjadi himpunan yang berlandaskan teknik pertanian yang bersifat professional dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Misi

Meningkatkan kualitas SDM di bidang Teknik Pertanian

Berkontribusi dalam pengembangan pertanian Indonesia

Menjadikan regenerasi berikutnya menjadi lebih berkualitas

Program Kerja

Himateta Exhibition

(Grand Opening Exhibition Himateta 2016, Getting Closer with The Club (GCTC), Himateta Anniversary, Pelatihan Kepemimpinan, Himateta goes to Field dan TMB Award)

Kegiatan penguatan internal seluruh anggota Himateta melalui seminar penanaman karakter engineer, pengenalan klub keprofesian yang mendukung softskill mahasiswa TMB untuk siap menghadapi dunia kerja,upgrading softskill kepemimpinan melalui pelatihan kepemimpinan, ,kunjungan ke Industri sesuai bidang  teknik pertanian untuk memperdalam aplikasi keilmuan dan keorganisasian di dunia kerja , serta kegiatan apresiasi prestasi dan pengembangan minat bakat mahasiswa.

Himateta Youth Agriengineer

Pengabdian kepada masyarakat di desa mitra dengan membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan, pertanian dan energi melalui kegiatan bina desa serta kegiatan belajar bersama siswa/i di SMA/sederajat mengenai pertanian dan energi dengan silabus khusus yang berkaitan dengan bidang studi TMB serta perencanaan pembangunan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro) di desa tersebut

Mechanical and Biosystem Fair

(Club Expo,Mechanical Training ,Mechanical and Biosystem Competition dan Seminar)

Kegiatan pengenalan dan promosi TMB IPB kepada civitas akademika IPB maupun Universitas lain, masyarakat, dan siswa/i SMA/sederajat di seluruh Indonesia.

Go Go Pimnas

Pengenalan dan pembimbingan mengenai PKM dan PIMNAS untuk mahasiswa TMB.