muminah

Muminah Mustaqimah Ikuti Tohoku Sciece Summer Program (TSSP)

Muminah Mustaqimah yang merupakan mahasiswa berprestasi TMB tahun 2016 mengikuti program Tohoku Sciece Summer Program (TSSP) merupakan program short summer course selama 2 minggu yang diadakan oleh Tohoku University untuk undergraduate di Science dan Engineering. Pelaksanaan dilaksanakan pada 4-15 Juli 2016.

Proses seleksi terdiri dari seleksi berkas dan wawancara. Berkas dikirimkan ke Tohoku University dan wawancara dilakukan oleh pihak ditmawa IPB karena program ini merupakan kerjasama antar universitas. Peserta diminta untuk apply beasiswa JASSO Scholarship sebesar 80.000 JPY. Pendanaan lain dilakukan lewat sponsor dan IPB.

ya ya

Persiapan yang perlu dilakukan :

  1. Paspor
    Paspor merupakan persiapan paling dini yang perlu dilakukan. Walaupun tidak ada rencana jangka pendek untuk ke luar negeri, tetapi masa berlaku paspor itu 5 tahun (cukup lama) sehingga dapat dipersiapkan jauh2 hari.
  2. Tiket
    Tiket harus dipesan jauh-jauh hari sebelumnya supaya tidak kehabisan. Selain itu, syarat apply visa juga adalah bukti pemesanan tiker.
  3. Visa
    Dapat diurus ke kedutaan negara yang bersangkutan. Pastikan membawa seluruh berkas yang diperlukan ketika datang.

Life in Japan:

Makanan: harganya berkisar 100-500 JPY (di dalam kampus) dan 500-1000-++ JPY bila makan di restoran/di luar kampus. Perlu sangat diperhatikan bahan2 yang digunakan untuk memasak/ada di ingredientsnya untuk memastikan apakah makanannya halal atau tidak.

Bahan2 yang perlu diperhatikan:
▪豚肉 pork
▪鶏肉 chicken
▪牛肉 beef
▪ポークエキス pork extract
▪チキンエキス chicken extract
▪コンソメ stock (kaldu)
▪酒 sake
▪洋酒 western sake
▪みりん mirin

Culture:

Sangat sopan dan disiplin, selalu mengantri, tepat waktu. Di tempat saya (Sendai City) orang-orangnya cenderung pendiam dan tidak suka keributan, sehingga perlu diperhatikan perilaku di tempat umum (jangan mengobrol/tertawa terlalu keras, dst). Mahasiswa Indonesia, khususnya yang muslim, sangat banyak dan welcome terhadap orang2 baru. Kebetulan saya pergi kesana ketika puasa dan lebaran, merasakan shalat ied, halal bihalal, sehingga terasa sekali keleluargaannya.

Mata uang:

Kurs: 1 JPY = Rp. 123,00
Uang logam : 1 JPY, 5 JPY, 10 JPY, 50 JPY, 100 JPY, 500 JPY
Uang kertas: 1000JPY, 5000 JPY, 10000 JPY
(Nominal uang kertas paling tinggi disini adalah Rp. 1.230.000,- Kalau di kurs ke Indonesia )

Bahasa

Secara umum warga sini berbicara bhs Jepang, dan memang sulit menemukan yang bisa berbahasa inggris. Oleh krn itu diperlukan jg pengetahuan mengenai percakapan2 dasar.

Tempat menarik yg dikunjungi:
1. Ishinomaki
2. Matsushima Island
3. Sendai Castle

Program yang diikuti:
Proggram 2 minggu ini diikuti oleh banyak negara, tahun ini alhamdulillah berkesempatan bertemu dan bertukar ilmu dengan mahasiswa/i Korea, Thailand, Australia, Russia, Netherland, dan China. Dalam program ini, kami diberikan berbagai lecture umum dan kunjungan ke lab. Di akhir acara kami harus melakukan presentasi grup sesuai dengan topik lecture yang telah diberikan. Terdapat juga fieldtrip ke Ishinomaki (daerah korban Gempa dan Tsunami 2011) dan Miyajima Island.

Banyak sekali benefit yang dapat diambil dr program ini. Saya sebagai anak teknik, mendapatkan banyak sekali materi mengenai perkembangan penelitian science dan engineering paling mutakhir. Selain itu, banyak hal juga yang dapat diaplikasikan ke pertanian. Teman dari berbagai negara melatih untuk dapat berkomunikasi dg bhs Inggris, kami bertukar ilmu, pengalaman, juga bahasa daerah satu sama lain.

Program ini diadakan setiap tahun jadi pastikan buat paspor dari sekarang dan ayo ikut tahun depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *