Teknik Mesin dan Biosistem, apakah hanya sebuah title?

Selamat datang mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), Institut Pertanian Bogor.  Ini tulisan akan membawa kalian untuk lebih mengenal kehidupan sebagai mahasiswa TMB.  Telah banyak perubahan nama pada jurusan atau moyor kita geluti sekarang ini, mungkin  ada dari sebagian kalian dulunya tertarik karena nama TEKNIK MESIN? Perlu kalian ketahui trend nama mayor pertama  kita adalah MEKANISASI PERTANIAN yang dicetuskan oleh Siswadhi Supardjo (Nama Laboratorium di TMB dan juga Ketua Departemen TMB waktu itu). Selanjutny terjadi perubahan menjadi Teknik Pertanian dan sekarang yang kalian kenal adalah Teknik Mesin dan Biosistem.

Banyak orang bingung dan awam dengan nama Teknik Mesin dan Biosistem tapi dasar pengembangan nama ini adalah AGRICULTURAL ENGINEERING.   Beberapa teman mengatakan nama Teknik Mesin ini adalah suatu kebanggaan sekaligus beban.   Kebanggaan? oke kalian harus bangga bahwa jurusan dengan nama Teknik Mesin dan Biosistem lebih jelas dibandingan dengan Teknik Pertanian terutama dalam keahlian dan kerjaan di Indonesia, namun kalian juga harus tunjukan dan berusaha agar Teknik Mesin dan Biosistem tidak kalah pestasinya dan gengsinya dengan Teknik Mesin Universitas lainnya.

Perlunya kesadaran teman-teman mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem dalam mengembangkan profesi kalian.  Ilmu yang didapat di kampus bukanlah sebagai sumber utama pengembangan keahlian kalian, melainkan kalian harus bisa menerima ilmu dari berbagai sumber seperti koferensi ilmiah, buku, artikel, dan bermacam-macam tulisan ilmiah yang mengenai keahlian kita sebagai AGRICULTURAL ENGINEERING.  Kembangkan keahlian seperti Design Engineering,  Logical Engineering, dan Agricultural Science.  Seandainya kalian hanya menerima ilmu dari kampus saja, mungkin kalian akan minder membawa nama TEKNIK MESIN DAN BIOSISTEM ke suatu forum dengan banyak mahasiswa TEKNIK MESIN seluruh Indonesia.  Berharap ada hal yang berbeda dalam forum tersebut, bahwa kalian itu TEKNIK MESIN yang bisa membangun Indonesia dengan Pertanian.

Mulai detik ini dan esok hari tanamkan bahwa kalian bisa membuat bangga TEKNIK MESIN DAN BIOSISTEM di Intitut Pertanian Bogor dan Indonesia.  JANGAN HANYA BANGGA MEMBAWA NAMA TMB, TAPI HARUS BISA MEMBUAT BANGGA NAMA TMB. (PLS45)

Share

3 thoughts on “Teknik Mesin dan Biosistem, apakah hanya sebuah title?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *