Kunjungan HIMATETA IPB Ke HMJ TMIP UNPAD

Menjalin kerjasama dengan Himpunan Profesi dengan universitas lain, terutama himpunan profesi teknik pertanian, merupakan langkah awal HIMATETA dalam mengembangkan kinerja kepengurusan. Minggu tanggal 24 April 2011, HIMATETA dan IMATETANI melakukan kunjungan ke Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik & Manajemen Industri Pertanian (HMJ TMIP), Universitas Padjadjaran Bandung.  Tujuan dari kegiatan ini adalah sharing-sharing program kerja, kepengurusan dan kegiatan bersama dengan IMATETANI. IMATETANI diwakili oleh Angga Herviona Ikhwanudin, selaku ketua Rayon C IMATETANI Indonesia. HIMATETA sendiri diwakili oleh beberapa pengurus dan anggota.  Sambutan yang dilakukan oleh HMJ TMIP, UNPAD sangat meriah dan antusias, walaupun suasananya sangat sederhana, tetapi tidak mengurangi tujuan dari kegiatan kunjungan ini.

Agenda dari kegiatan ini diawalin dengan perkenalan, makan bersama, presentasi dari HMJ TMIP dan HIMATETA. Setelah itu dilanjutkan dengan sharing-sharing program kerja, dan kendala masing-masing kepengurusan kedua himpunan profesi. Mengenai kendala yang didiskusikan adalah masalah kaderisasi. Kedala kepengurusan masing-masing himpro yang dihadapi seperti masih minimnya sikap inisiatif pengurus, dan koordinasi antar angkatan dan pengurus masih kurang. Menghadapi maslah tersebut bias dilakukan sikap memberikan inisiatif atau stimulus dari pimpinan dan koordinasi dan komunikasi tiap angkatan atau pengurus bias lebih ditingkatan. Terkait masalah klub Bahasa Inggris pertemuan dilakukan satu minggu sekali dengan tema-tema ringan dan pembinaan klub dilakukan oleh orang yang berkompeten.

Krisis degradasi kepemimpinan dialami oleh HMJ TMIP, UNPAD. Ketua umum masih dijabat oleh orang yang sama. Dalam kepengurusan, sedikit yang mengejukan diri untuk mendaftar sebagai pengurus HMJ TMIP. Ada beberapa pertimbangan hal ini bisa terjadi antara lain kurang efektif apabila kepengurusan dilimpahkan pada ketua yang baru, jurusan merekomendasikan kepengurusan masih dilanjutkan oleh ketua sebelumnya, badan pengawas tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Agar tidak degradasi kepemimpinan, bisa dilakukan dengan memantau kader-kader yang berkompeten selama masa kepengurusan sebelumnya, untuk dipastikan akan maju di kepengurusan selanjutnya. Kedala lain yang dialami HMJ TMIP adalah kurang dukungan dari institusi dan fasilitas yang tidak mencukupi. Himpunan dinilai selalu salah dalam melakukan kegiatan keprofesian, dan kurang dukungan dari mahasiswa himpunan. Pengupayaan kendala yang dialami HIMATETA dengan merekrut mahasiswa yang belum jadi pengurus, membuat klub-klub atau kegiatan yang mempersatukan antar angkatan, dll.

HMJ TMIP dan HIMATETA tergabung dalam IMATETANI (Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia) di Rayon C daerah Jawa Barat dan Kalimantan. Dalam menjalin kerjasama untuk meningkatkan keprofesian masing-masing himpunan, rencananya HMJ TMIP dan HIMATETA akan mengadakan program kerja bersama. IMATETANI memiliki visi dan misi, visinya adalah sebagai wadah mahasiswa teknik pertanian guna meningkatkan profesionlisme keteknikan pertanian yang berkontribusi pada masyarakat dan keteknikan pertanian Indonesia. Pembagian kinerja IMATETANI ada sembilan Rayon. Garis Besar Haluan Kerja ada beberapa bidang, antara lain bidang penelitian dan pengembangan, hubungan masyarakat, informasi dan komunikasi, advokasi. Dari HIMATETA IPB ada beberapa usulan program kerja untuk Rayon C adalah kajian rutin, buku putih, pengabdian masyarakat, kunjungan ke BPPT Mektan, Deptan, dan LSM terkait, sosialisasi IMATETANI ke mahasiswa, diskusi isu-isu panas pertanian, infokom. Setelah melakukan diskusi dengan HMJ TMIP rancangan kerja Rayon C IMATETANI periode 2010/2011 adalah bidang penelitian dan pengembangan  kajian rutin rayon C (hanya lingkup Jawa Barat dan Kalimantan), buku putih, dan seminar Rayon C; bidang hubungan masyarakat kunjungan ke BPPT MEKTAN, Deptan, dan LSM terkait, Sosialisasi IMATETANI ke Mahasiswa, kunjungan berkala satu tahun dua kali; bidang advokasi antara lain diskusi isu-isu panas terkait dengan pertanian dan dilakukan tindak lanjut; bidang informasi dan komunikasi ada PR Rayon C. Hasil diskusi telah disahkan oleh ketua Rayon C Angga Herviona Ikhwanudin dan disepakati oleh forum.  Sebelum penutupan ada cerita pengalaman Kongres Nasional IMATETANI di Padang pada tanggal 24-27 Februarai 2011, dan penyerahan cideramata dari IMATETANI ke HMJ TMIP UNPAD. Acara ditutup dengan statement dari masing-masing himpunan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas sambutan pihak HMJ TMIP UNAND.

Selain UNPAD, kita dikejutkan dengan adanya TEP dari ITB yang tahun 2010 merupakan tahun Awal mereka masuk. Gedung barunya berdekatan dengan UNPAD.Keren,,,, euy,,,

By : HIMATETA 2010-2011

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *