TIM ROBOT TEKNIK MESIN DAN BIOSISTEM IPB LOLOS TAHAP I (Regional Jawa Barat dan Jabodetabek) DALAM LOMBA KRCI 2011 (Kontes Robot Cerdas Indonesia)

Tahun ini, tim robot TMB-IPB kembali lolos seleksi pada Tahap I lomba KRCI 2011 yang meliputi regional se-Jawa Barat dan se-Jabodetabek, dengan deskripsi robot sebagai berikut :

Raptor 211 (robot pemadam api). Spesifikasi roda memakai roda biasa bukan crawler, motor servo 4 buah dengan sensor ultrasonic SRF 05 sebagai sensor pendeteksi pengaturan jarak dan deteksi penghalang, selain itu sensor UV-tron pendeteksi api, sensor LDR mendetesi warna hitam-putih.

Persiapan mengikuti lomba KRCI meliputi :

Pada bulan Desember pengajuan proposal ke dikit, pengumuman 11 maret laporan kemajuan untuk seleksi tahap II unutk kontes KRCI 2011.

Ditmawa sangat apresiasi dengan kegiatan ini, ada 3 tim IPB yang diberi dana masing-masing 10 juta tiap tim, yaitu 1 tim Robot departemen TMB, dan 2 dari tim Roket departemen ITK.

Konsep robot tahun ini beda, dengan bimbingan Pak radite serta Kak Imus dan iqbal, dahulu kita menggunakan kipas tapi sekarang menggunakan fire extinguisher dengan menggunajan prinsip pompa, air yang ada di tanki di semprotkan dengan nozzle ke api.

Kebanggaan tersendiri bisa lolos seleksi regional, mengharumkan nama IPB di kancah tersebut, karena sebagai pembuktian bahwa mahasiswa pertanian pun bisa menciptakan robot , sehingga mahasiswa tidak dipandang sebelah mata hanya karena kata-kata pertanian.

Kemenangan bukanlah target utama kami, kami menyadari banyak universitas yang tidak sedikit sering mendapat juara seperti unikom bandung, itb, ui.

Yang terpenting adalah kita dapat mengembangkan ilmu-ilmu yang kita peroleh di TEP, karena robot pun dapat membantu kegiatan-kegiatan pertanian.

Buat temen-temen TMB yang tertarik dengan robot,  bergabunglah di klub kita.

Pak radite banyak memberikan pengarahan dan nasehat, selalu diingatkan untuk segera  membuat perkembangan baru atas robot itu, agar tidak tergesa-gesa waktu nya dan tidak terburu-buru. (NFZ)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *