Robot Dari Bahan Recycle

Perkembangan dunia robot saat ini telah berkembang pesat . Berbagai inovasi terbaru menunjukkan bahwa robot ini mampu menjadi subtitusi bagi sejumlah pekerjaan manusia. Robot ini ditemukan oleh Feroz Ahmed Siddiky dari Universitas Islam Bangladesh. Feroz mampu membuat robot dari bahan recycle, alias bahan bekas yang seharusnya menjadi sampah. Tentu ini merupakan berita gembira bagi pecinta lingkungan untuk mengurangi sampah di lingkungannya. Robot yang diberi nama IROBO itu diklaim dapat melakukan beberapa gerakan manusia.

Di antaranya yaitu memindahkan barang, membersihkan lantai, serta melakukan tugas-tugas sederhana lainnya. Sang innovator, Feroz, juga menyebutkan bahwa robot ‘recycle’ itu memiliki kecerdasan untuk merespon perintah suara. Karena dari barang beka, diantaranya bahan recycle alat elektronika, serta mesin mobil, membuat robot ini juga terhitung murah.

Karena itu Feroz berniat untuk mengkomersilkannya pada Negara-negara maju dan dibuat patennya. Robot yang proses pembuatannya memakan waktu dua tahun ini kira-kira, rencananya akan dijual kurang dari atau seribu dolar amerika serikat.Untuk itu, Feroz telah mengajak perusahaan software Australia untuk mengembangkan proyek yang sangat menjanjikan tersebut. karena robot ini selain merupakan perwujudan kolaborasi teknologi canggih dan kepedulian akan kondisi lingkunagn bumi kita. (LDY)

(sumber: www.andriewongso.com)

Share