Pendingin Ruangan Greenhouse Sebagai Energi Alternatif

Neicker Tecnalia, dari Institute Basque untuk pengembangan dan penelitian pertanian menciptakan pendingin ruangan (Air Conditioner/AC) rumah kaca (greenhouse) yang bisa digunakan sebagai energi alternatif yang memungkinkan untuk menurunkan biaya energi, meningkatkan efisiensi energi serta meningkatkan hasil panen. Sistem baru ini memiliki broiler biomassa dan panel surya thermodynamic, yang mana dapat mencapai temperatur minimum untuk memangkas tanpa menggunakan energi yang berasal dari minyak fosil maupun gas.

Neiker Tecnalia, telah memasang broiler biomass dengan menggunakan kayu dan limbah organik lain sebagai bahan bakar bersama dengan surya thermodynamics, guna mencapai tujuan membudidayakan tanaman dengan intensif. Proyek ini bertujuan untuk pengganti solar konvensional atau boiler minyak pemanas, yang memancarkan sejumlah besar CO2 ke atmosfer dan sangat mahal bagi petani, mengingat tingginya harga bahan bakar minyak yang berasal dari minyak bumi.

Pendingin ruangan  dengan menggunakan energi alternatif, yang dikembangkan oleh Neiker-Tecnalia dilengkapi dengan teknik yang disebut “tanah hidroponik”, yang melibatkan menempatkan tanaman pada substrat pada ketinggian sekitar sepuluh sentimeter di atas tanah keras dari rumah kaca. Metode ini juga memungkinkan akar untuk dipanaskan oleh pipa melalui mana air mengalir pada suhu rata-rata 45 derajat celcius. Langsung pemanasan substrat dimana akar ditemukan dapat mengurangi suhu emisi global, yang berarti pengeluaran kurang energi.

Sistem ini melibatkan jaringan yang mendistribusikan ke rumah kaca dan memungkinkan pengaturan suhu pada pasar kebun sayuran. Alat pengukur mengumpulkan data real time pada suhu dan kelembaban di wilayah perkebunan, kemudian  data dikirim ke komputer yang memiliki perangkat lunak yang mampu pemrograman berbagai tindakan, seperti meningkatkan atau mengurangi jam suhu rumah kaca mengatur atau yang lebih tepat untuk pemanasan tanaman.

Proyek ini berlokasi di Derio,Provinsi Basque dan dekat dengan Bilbao. Biomass broiler dapat memproduksi 400 kW  energi listrik dan sampai saat ini yang terbesar di Spanyol dengan menggunakan pendingin ruangan yang dipasang pada rumah kaca. Dikombinasikan dengan boiler sejumlah 40 panel thermodynamic, bagi pekerja ini merupakan yang pertama melakukan budidaya tanaman insentif  di dalam rumah kaca. Kombinasi kerja dari kedua energi ini untuk memanaskan air yang beredar di tabung yang terletak beberapa sentimeter diatas lantai dan dibawah subtract tanaman tujuan  guna memanaskan akar.

Share