MEMBUAT MADU DARI JAGUNG

Komoditas jagung merupakan komoditas sereallia sebagai makanan pokok selain beras dan produk lainnya. Di samping sebagai makanan pokok jagung juga dapat diproduksi mendadi Bio Foel (bahan bakar) di samping itu jagung dapat diproduksi menjadi makanan ringan sejenis makan jajanan yang enak rasanya dapat berupa (Tortilla, jenang jagung, emping jagung, dll) di samping itu satu lagi yang perlu kita ketahui produk olahan sederhana jagung yaitu madu mongso jagung. Madu mongso ini biasanya dibuat oleh ibu rumah tangga menjelang lebaran sebagai makanan sajian, dan pada waktu ada hajatan.
Madu mongso merupakan produk olahan fermentasi oleh Khamir (Sacaromices Cereficea). yang memfermentasi karbohidrat menjadi komponen gula sederhana sehingga produk menjadi manis.

Biasanya madu mongso ini diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga dibuat dari beras ketan hitam, akan tetapi di sini kami akan mengenalkan madu mongso terbuat dari jagung kuning. Kelebihan madu mongso dari jagung ini mempunyai warna yang sangat menarik yaitu berwarna kuning dan mempunyai rasa yang manis, kelebihan lain adalah bahan baku murah dan mudah didapat di mana saja dan kapan saja.

Adapun cara memproduksinya sama dengan memproduksi madu mongso dari beras ketan yaitu sbb : Beras jagung kuning lakukan sortasi hingga bersih dari hama dan kotoran, lakukan penimbangan sesuai dengan berat yang akan diproduksi, kemudian lakukan pencucian dengan air bersih dan terus lakukan penirisan, langkah kedua adalah lakukan pengukusan hingga masak dengan ditandai berat jagung lunak dan lengket lakukan pendinginan di atas nampan (diler/diangin-anginkan) setelah dingin lakukan penambahan ragi tape sebanyak setiap 1 kg bahan digunakan ragi tape sebanyak kurang lebih 100 gr, kemudian lakukan pencampuran hingga homogen, terus lakukan pemeraman dalam waskom atau tempat yang sudah dialasi daun pisang dan lakukan penutupan serta lakukan penyimpanan selam 3 hari. Prinsipnya seperti membuat tape.

Setelah menjadi tape beras jagung dan mempunyai rasa yang manis berwarna kuning cerah berarti bahan siap diproduksi menjadi madu mongso beras jagung, adapun teknik memproduksinya sebagai berikut : siapkan santan kelapa sebanyak 3 gelas besar dari 3 butir kelapa tua, berarti santan sangat kental, kemudian masukkan gula pasir 150 gr /1 kg bahan dan gula merah sebanyak 1 kg, dengan catatan gula merah disisir terlebih dahulu dan kemudian diencerkan dan kemudian disaring agar kotoran dapat tertinggal baru kemudian dimasukkan ke dalam adonan santan.

Untuk menambah cita rasa tambahkan daun pandan wangi atau tambahkan panili secukupnya, lakukan pemanasan dan pengadukan hingga adonan mengental tetapi jangan terlalu kental kondisi adonan masih cukup cair. langkah berikutnya masukkan tape beras jagung ke dalam adonan tersebut dan lanjutkan pemanasan dan pengadukan sampai betul-betul kental dan kalis dan bisa dicetak atau dikemas.
Langkah terakhir adalah lakukan pengemasan dengan pengemas dalam dengan plastik dan pengemas luar dengan kelobot jagung atau kertas warna lainnya. (AY)

www. bbppketindan@deptan.go.id

Share