Robot Tanaman

Apa yang terjadi ketika robot “go green”? Gilberto Esparza dari Meksiko telah menciptakan sebuah provokatif “planta Nomada, atau nomaden Plant” – hibrida mesin-tanaman yang membawa tanaman dan mikroorganisme dari sungai yang terkenal paling tercemar, Santiago Lerma, di Meksiko yang mengkonversi elemen yang ditularkan melalui air menjadi energi listrik.

penciptaan ini dirancang untuk menjadi multi-robot berkaki, otonom yang diaktifkan oleh sel bahan bakar mikroba. Ketika mikroorganisme yang di bawa oleh robot memerlukan nutrisi, robot dituntut mampu bergerak menuju air, menghisapnya melalui tabung, dan mengubahnya menjadi listrik, menggunakan bagian dari water feeding dari tanaman onboard. Tapi melihat sistem gerak, saya ragu apakah akan bisa turun tepi sungai tanpa jatuh ke dalam minuman.

The quirky machine – pada layar sampai Mei 24 Jam di Seni LABoral dan Industri Penciptaan Centre di Gijon, Spanyol – tampaknya lebih dari pernyataan tentang konservasi dari sebuah robot, kasar otonom.

LABoral menyebutkan tumbuhan nomaden “sebuah metafora untuk kondisi manusia terasing dan dampak kegiatan perusahaan telah pada sifat pekerjaan ini eksperimentasi berkelanjutan berharap untuk memicu refleksi kritis pada ambiguitas gaya memegang oleh teknologi..” Saya menganggapnya sebagai versi robot Swamp Thing, though.

————————————————————————————————————————-

Para peneliti di Chonnam National University telah mengembangkan sebuah robot tanaman yang dapat melakukan berbagai macam hal layaknya tanaman sesungguhnya, misalnya humidifying (menambah uap air), memproduksi oksigen, mengeluarkan wewangian dan fungsi kinetik.

Meski demikian, dikutip detikINET dari ITexaminer, Kamis (23/10/2008), robot yang memiliki karakteristik seperti tanaman pot, dan bertinggi 130 cm serta diameter 40 cm ini tidak dapat tumbuh atau berkembang biak.

Robot tanaman ini dilengkapi pot, batang tanaman, lima kuncup bunga yang tampak seperti mawar Sharon. Tak hanya itu, robot tanaman ini juga dapat merespon rangsangan dari luar, seperti sentuhan manusia, musik atau cahaya.

Jika Anda berada dalam jarak sekitar 40 cm dari bunga, sebuah sensor supersonik akan menanggapi rangsangan dari Anda dan batangnya akan melengkung ke arah Anda, serta bunga akan mekar. Robot ini akan kembali ke posisi normal saat Anda beranjak pergi.

Jika ada suara manusia yang lebih keras daripada volume biasa, kuncup bunga akan mekar, dan batangnya akan bergetar seolah mengucapkan salam. Ketika ada cahaya menerpa, kuncup bunga akan membuka dan menutup. Sedangkan ketika ada musik, tanaman tersebut akan bergoyang.

Image

sumber dari detik
————-

Sumber :

http://www.manfaatplus.com/?p=670

http://www.indocina.net/viewtopic.php?f=2&t=33368

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *