Mengenai PTPN 3 IMATETANI di Jember

Pekan Teknik Pertanian Nasional atau biasa disingkat PTPN merupakan perkumpulan mahasiswa  Teknik Pertanian se-Indonesia yang tergabung dalam IMATETANI (Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia) untuk membahas permasalahan yang sedang atau tengah berkembang di masyarkat dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

Selain itu, merupakan ajang peningkatan kreatifitas serta pengetahuan tentang Keteknikan Pertanian itu sendiri.  PTPN diselenggarakan tiap tahun sekali dan yang menjadi tuan rumah dalam acara PTPN 3 ini adalah Universitas Jember yang ada di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. PTPN 3 mempunyai beberapa agenda kegiatan yang diselenggarakan hampir sepekan. Agenda tersebut antara lain:
1. Seminar Nasional, Seminar Alat dan Mesin Pertanian dengan judul “PERAN ALAT MESIN PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKTIVITAS POTENSI HASIL PERTANIAN LOKAL DI KABUPATEN JEMBER”. Acara ini bertempat di Aula KAUJE Universitas Jember.
2.    Workshop, Workshop Energi Alternatif dengan judul “PEMANFAATAN BIODIESEL SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN”. Acara ini bertempat di Pusat Penelitian Kopi Kakao Jember.
3.    Diskusi Program Kerja HMJ Teknik Pertanian se-Indonesia, yaitu tiap-tiap HMJ menyampaikan program kerja yang nantinya untuk keberlanjutan program kerja IMATETANI selanjutnya.
4.    Lomba Poster 3D dengan tema “Inovasi Keteknikan Pertanian Berbasis Keunggulan Lokal”. Syarat dan Ketentuan Lomba:
•    Poster berbentuk 3D dengan ukuran 50 x 100 cm
•    Poster di presentasikan keuunggulannya
•    Poster dibuat sebelum acara berlangsung  dan dikumpulkan pada saat acara berlangsung
•    Pemenang lomba Poster akan dinilai berdasarkan polling
5.    Diskusi Mawa Pertanian, Diskusi seluruh mahasiswa Pertanian mengenai masalah pertanian secara umum.
6.    Field Trip, Kunjungan lapang ke PTPN yang ada di Jember diantaranya PTPN XII Blater, PTPN X Ajung dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember.
7.     Kunjungan Desa,  Melakukan kegiatan bertani di desa semisal membajak sawah, menanam padi dan lain-lain.
8.    Penutup, Seluruh rangkaian kegiatan PTPN akan ditutup dengan acara INAGURASI dari mahasiswa TEP UNEJ serta tiap HMJ yang hadir dalam acara tersebut

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *